Salah Satu Badan Pengurus DNS "IANA"

|

IANA (Internet Assigned Numbers Authority) yaitu sebuah Badan Organisasi yang berdiri karena pembiayaan Amerika Serikat yang juga mengatur seluruh masalah penetapan parameter protocol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name Server (DNS). Badan ini sekaligus juga mempunyai wewenang untuk memilih Organisasi (Badan) lain untuk pemblokiran alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA pun bertindak sebagai otoritas tertinggi sebagai pengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet. IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB).

IANA memberikan tanggungjawab dalam mengatur pengaturan ruang alamat IP dan DNS kepada tiga badan lainnya yang bersifat regional, yakni sebagai berikut:



~> ARIN (American Registry for Internet Numbers)
  • Menangani wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika bagian Selatan (sub-Sahara).
American Registry untuk Internet Numbers (ARIN) adalah Regional Internet Registry (RIR) untuk Kanada, Karibia dan banyak pulau-pulau Atlantik Utara, dan Amerika Serikat. ARIN mengelola nomor Internet distribusi sumber daya, termasuk IPv4 dan IPv6 ruang dan nomor AS. ARIN membuka pintunya untuk bisnis pada tanggal 22 Desember 1997 [1] setelah memasukkan di 18 April 1997 [2]. ARIN adalah sebuah lembaga nirlaba di negara bagian Virginia, negara bagian AS. Badan ini bermarkas di wilayah tak berhubungan Fairfax County, Virginia, Washington Dulles International Airport dan dekat Chantilly

ARIN adalah salah satu dari lima Regional Internet Registry (RIR) di dunia. Seperti RIR lainnya, ARIN:
  • Memberikan layanan yang berkaitan dengan koordinasi teknis dan manajemen sumber daya nomor Internet
  • Memfasilitasi pengembangan kebijakan oleh para anggota dan stakeholder
  • Berpartisipasi dalam komunitas internet internasional
  • Nirlaba, organisasi berbasis masyarakat
  • Diperintah oleh dewan eksekutif dipilih oleh keanggotaannya
~> RIPE (Réeseaux IP Européens)
  • Menangani wilayah Eropa dan Afrika bagian utara (Sahara).

Pertemuan RIPE pertama diadakan pada tanggal 22 Mei 1989 di Amsterdam, Belanda. Itu membawa bersama-sama 14 wakil-wakil dari 6 negara dan 11 jaringan. RIPE sebagai sebuah organisasi yang didirikan oleh RIPE kerangka acuan, yang telah disepakati pada 29 November 1989 [2]. Ada sepuluh organisasi yang bermaksud untuk berpartisipasi dalam Komite Koordinasi RIPE, BelWue, CERN, EASInet, EUnet, GARR, HEPnet, NORDUnet, SURFnet, SWITCH dan XLink.

Pada saat yang sama taskforces didirikan untuk memfasilitasi interkoneksi Eropa IP-jaringan dalam minggu-minggu berikutnya dan bulan-bulan. Keempat taskforces adalah:

1. Konektivitas dan Routing
2. Jaringan Manajemen dan Operasi
3. Domain Name System

4. Formal Koordinasi

Salah satu hasil merupakan usulan pada 16 September 1990 untuk mendirikan Pusat Koordinasi Jaringan RIPE (NCC) untuk mendukung tugas-tugas administratif dalam masyarakat RIPE dan yang pertama Rencana Kegiatan RIPE NCC diterbitkan Mei 1991.

~> APNIC (Asia Pacific Network Information Center)

Asia Pacific Network Information Centre (APNIC) adalah Regional Internet Registry untuk kawasan Asia Pasifik.

APNIC menyediakan jumlah alokasi sumber daya dan layanan registrasi yang mendukung operasi global Internet. Ini adalah bukan untuk mencari keuntungan, organisasi berbasis keanggotaan yang anggotanya termasuk Internet Service Provider, Internet Registries Nasional, dan organisasi serupa.

APNIC fungsi utama adalah:

* Mengalokasikan IPv4 dan IPv6 address space, dan Autonomous System Numbers
* Memelihara Database Whois publik untuk wilayah Asia Pasifik
* Reverse DNS delegasi
* Mewakili kepentingan komunitas internet Asia Pasifik di panggung global

0 komentar: